Senin, 12 Maret 2012

Bahasa Indonesia


Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.(http://id.wikipedia.org/wiki/Artikel)






KARAKTERISTIK ARTIKEL
    Ditulis dengan atas nama (by line story)
    Mengandung gagasan aktual dan atau kontroversial
    Gagasan yang diangkat harus menyangkut kepentingan sebagian besar khalayak pembaca.
    Ditulis secara referensial dengan visi intelektual
    Disajikan dalam bahasa yang hidup, segar, populer, komunikatif
    Singkat dan tuntas
    Orisinal
(http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3116633008746647964#editor/target=post;postID=4900734324331178886)



Opini dalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi (http://id.wikipedia.org/wiki/Opini)

Karakteristik opini
Karakteristik dan sifat opini, secara umum bisa dibedakan dengan 3 jenis, yaitu:
- Deskriptif : tulisan yang hanya menggambarkan atau melukiskan suatu peristiwa secara utuh. Tulisan deskriptif ini dipakai oleh penulis, biasanya, untuk mendudukkan sebuah peristiwa atau masalah yang sedang dibicarakan orang banyak. Dengan mendeskripsikan peristiwa dan masalah secara utuh, penulis mencoba menjelaskan kepada pembaca tentang peristiwa atau masalah yang sebenarnya.
- Eksposisi : tulisan yang mengandung gagasan baru yang dicoba ditawarkan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pada peristiwa/kasus/fenomena yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Misalnya gagasan baru tentang penanggulangan bencana lumpur SDA agar tidak berlanjut lama.
- Argumentasi : tulisan yang mengetengahkan pendapat-pendapat tentang suatu masalah atau peristiwa dengan menggunakan alasan-alasan kuat, baik dengan mendasarkan pendapatnya dengan penalaran rasional maupun dengan data faktual terpercaya. Tulisan argumentatif ini bisa penilaian, penolakan, atau menguatkan gagasan dan pendapat diri sendiri atau orang lain tentang suatu masalah/peristiwa.
- Persuasi : tulisan yang dirangkai oleh penulis dalam rangka untuk memengaruhi pembaca agar mengikuti apa yang dikehendaki penulis. Misal, tulisan opini yang ditulisn Yenny Wahid tentang sinergitas PKB dengan NU di Jawa Pos beberapa bulan lalu, yang pada intinya ingin memengaruhi umat NU secara khusus dan masyarakat pada umumnya, agar tetap simpati dan mengikuti PKB.(http://arrisalah.sunan-ampel.ac.id/?p=1)

Resensi adalah kombinasi antara uraian, ringkasan, dan kritik terhadap sebuah buku. Resensi berfungsi bagi pembaca untuk memutuskan apakah ia akan membacanya atau tidak. Pembaca mengharapkan selain ringkasan juga penilaian terhadap mutu dan faedah buku tersebut.
Persyaratan penulisan resensi buku yaitu
1. Terdapat informasi berupa data buku (nama pengarang, penerbit, tahun terbit dan tebal buku)
2. Ulasan singkat tentang isi buku
3. Kelebihan dan Kelemahan buku
4. Manfaat buku

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/05/tulisan-bahasa-indonesia-2-resensi/

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Esai)
 Karakteristik Esai harus mencakup sebagai berikut:

  sebuah kiasan dengan pola yang digunakan dalam paragraf pengantar,
  suatu penyajian kembali laporan tesis, menggunakan beberapa bahasa aslinya (Penyajian kembali, bagaimanapun, tidak harus menjadi duplikat pernyataan tesis.)
  Ringkasan dari tiga poin utama dari tubuh esai.
  pernyataan terakhir yang memberikan sinyal pembaca bahwa diskusi telah berakhir.
(http://hachiko8.blogspot.com/2010/07/belajar-esai.html)

Editorial adalah artikel yang mewakili opini atau sikap media terhadap sebuah isu. Editorial merefleksikan sikap mayoritas dari dewan redaksi. Penulis editorial mencoba membangun argumentasi dan mencoba mengajak pembaca berpikir seperti apa yang tengah dipikirkannya.
Editorial dimaksudkan untuk mempengaruhi opini publik, menyodorkan pemikiran kritis, dan terkadang dapat untuk membuat pembaca mengambil sikap. Esensinya, editorial adalah berita yang dogmatis.



Karakteristik Editorial :
1. Pendahuluan
2. Penjelasan objektif tentang isu
3. Sudut pandang yang tengah berkembang
4. Opini dari sudut pandang yang berseberangan
5. Opini penulis yang disampaikan dengan cara profesional
6. Solusi alternatif dari masalah atau isu yang dikritisi. Setiap orang dapat mengeluhkan sebuah persoalan, namun sebuah editorial yang baik harus mengambil pendekatan yang proaktif untuk membuat situasi menjadi lebih baik dengan menggunakan kritik yang konstruktif dan memberi solusi
7. Sebuah solusi yang padat dan singkat mampu meringkas opini dari penulis

(http://blogfajri.wordpress.com/2008/04/24/menulis-editorial/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar